Halaman

Selasa, 03 April 2012

CONTOH PENELITIAN (SKRIPSI) MENGUNAKAN AUTODESK CIVIL 3D





ABSTRAK

PERENCANAAN TEKNIS JALAN BARU MENGGUNAKAN PROGRAM AUTOCAD CIVIL 3D 2009 (LAND DEVELOPMENT DESKTOP)
(Studi Kasus Jalan Tanjakan Sedayu – Lampung)

Oleh
RIKY ANDRIA

Provinsi Lampung merupakan suatu wilayah yang besar dan berpotensi untuk berkembang, sehingga perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan pembangunan di wilayah tersebut. Hal pertama yang harus dilakukan untuk memajukan wilayah tersebut yaitu dengan cara mempermudah akses berupa pembangunan jalan dalam upaya meningkatkan akses tersebut.
Dalam segi pembangunan jalan, Provinsi Lampung  masih memilki ruas – ruas jalan yang masih rusak. Salah satunya adalah ruas Jalan Tanjakan Sedayu di Kabupaten Tanggamus. Ruas tersebut merupakan salah satu ruas jalan yang memiliki medan jalan pegunungan yang sulit untuk dilakukan suatu perencanaan jalan. Pada kondisi eksisting, ruas jalan ini memilki alinemen horizontal yang tajam dan alinemen vertikal dengan kelandaian yang sangat tinggi.
Dengan demikian akan dijelaskan suatu perencanaan teknis jalan baru dengan melihat kondisi sesungguhnya ruas Jalan Tanjakan Sedayu yang memilki kondisi medan jalan pegunungan, secara komputerisasi dengan menggunakan program perencanaan jalan yaitu AutoCAD Civil 3D 2009 (Land Development Desktop) untuk perencanaan geometrik. Dengan menggunakan program ini diharapkan dapat memperkenalkan program perencanaan jalan dan diharapkan agar dapat mengaplikasikannya. Dalam proses perancangan ini digunakan acuan berupa Spesifikasi Standar Untuk Perencanaan Geometrik Jalan Luar Kota, Bina Marga, Tahun 1990. Untuk perencanaan tebal perkerasan dengan cara manual yaitu menggunakan Pt T-01-2002-B.
Dari proses perencanaan jalan ini dihasilkan berupa perencanaan geometrik yang cukup baik dan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Dengan menggunakan program AutoCAD Civil 3D 2009, dapat diketahui kondisi eksisting Jalan Tanjakan Sedayu masih memilki kondisi yang tidak sesuai standar perencanaan jalan. Sehingga perlu dilakukan relokasi agar kondisi jalan sesuai dengan aturan yang digunakan. Hasil perencanaan tebal perkerasan didapatkan tebal 14 cm (surface course), 14 cm (base course), dan 15 cm (subbase course).

Kata Kunci : AutoCAD Civil 3D, perencanaan teknis jalan baru, tebal perkerasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar