Jumat, 21 Agustus 2009

Desain Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Dilombakan

Desain Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Dilombakan


Kamis, 2 April 2009 | 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengembang sekaligus investor tol PT Bakrieland Development Tbk menggelar lomba desain tol untuk pembangunan tol Ciawi-Sukabumi (Jawa Barat). Sebelumnya, Bakrieland telah menyelenggarakan lomba desain untuk tol Kanci-Pejagan.

"Telah saatnya pemilihan desain jalan tol tidak semata didasarkan kepada tender, tetapi juga nilai estetika, kata Direktur Utama PT Bakrieland Development Hiramsyah S Thaib, Kamis (2/4) di Jakarta.

Hiramsyah yakin, desain ruas tol Ciawi-Sukabumi memiliki tantangan tersendiri bagi desainer mengingat kontur tanah dan karakter daerah setempat, yang dapat diberdayakan sebagai kawasan wisata.

Jalan tol Ciawi-Sukabumi sendiri pun diapit dua obyek wisata alam, yakni Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Salak Halimun. Dengan sendirinya, jalan tol itu nantinya menjadi jalan alternatif menuju daerah-daerah tujuan wisata tersebut.

Hiramsyah mengatakan, selain Kanci-Pejagan, seleksi desain juga ditetapkan untuk ruas Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, dan Pasuruan-Probolinggo. Tiga ruas tol itu kini menjadi tanggung jawab manajemen Bakrie dalam pembangunannya.

Khusus untuk tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 kilometer, pada bulan Maret 2009 telah ditetapkan pemenang lomba desain gerbang tol dan tempat istirahat (rest area). Desain itu langsung akan diaplikasikan dalam pembangunan tol, yang kini sudah menyelesaikan 40 persen kontruksinya.

Sementara itu, anggota Pengatur Jalan Tol (BPJT) Agus Sidharta memberi penghargaan kepada PT Bakrie Toll Road selaku anak perusahaan Bakrieland. Sebab dengan desain tol tersebut, Bakrieland merencanakan tempat istirahat dirancang untuk menampung usaha mikro kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar